Cara Memilih Agensi Branding Terbaik

branding agency

Memilih agensi branding terbaik memang bukan perkara mudah untuk dilakukan. Karena, jika kamu asal memilih, bisa saja tidak sesuai ekspektasi. Misal, tidak ada layanan yang kamu butuhkan, atau kualitasnya so-so saja.

Biar gak salah pilih, pastikan untuk melakukan beberapa cara di bawah ini. Kamu gak harus kok pakai semua. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu, ya!

 

Memilih Agensi Branding Terbaik

Ibarat jodoh, memilih agensi branding gak bisa grasa-grusu. Kudu kalem dan menikmati prosesnya dengan baik. Jika tidak, kamu harus siap kecewa.
Terus, biar gak makan hati gimana? Pakai cara di bawah ini dong!

1. Agensi Branding Terbaik Punya Portofolio Juara
Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah agensi branding yang kamu “kepoin” memang sesuai standar atau tidak, cek portofolio. Ini sangat penting untuk melihat kemampuannya.
Untuk melihat portofolio, kamu bisa langsung mendatangi website atau medsosnya. Umumnya, agensi yang terkelola dengan baik akan melakukan update portofolio secara berkala.
Jika tidak ada portofolionya gimana? Tanya sama mereka. Minta mereka untuk mengirimkannya. Dari portofolio ini kamu bisa membuat keputusan dengan lebih mudah.
2. Pahami Kebutuhanmu
Satu hal yang kamu harus pahami adalah, tidak semua agensi branding itu punya layanan yang sama. Kadang ada yang lengkap banget dan kadang enggak.
So, untuk memudahkan kamu melakukan pemilihan, ada baiknya untuk mengetahui dahulu apa sebenarnya kebutuhan yang kamu miliki.
Misal kamu mau buat bisnis dan hanya butuh dibuatkan logo, cari agensi yang spesialis pembuatan logo atau corporate identity. Atau jika butuh campaign online atau offline, pilih juga yang ahli di sana.
Intinya, kamu harus tahu komponen branding apa yang kamu cari. Bisa parsial saja atau paket lengkap seperti yang Reka Reka Branding tawarkan.
3. Lakukan Pertemuan dan Ngobrol
Lakukan pertemuan dulu dengan tim branding. Jangan satu agensi saja, beberapa gak masalah. Misal dalam seminggu kamu janjian dengan 5-7 agensi.
Lakukan obrolan atau pitching standar. Ungkapkan apa yang kamu butuhkan dan dengarkan seperti apa umpan baliknya.
Dari berbagai pembicaraan itu kamu bisa menyimpulkan sendiri, kira-kira mana agensi yang menawarkan respons terbaiknya. Selain itu, cari mana jawaban yang kamu sukai atau butuhkan.
4. Lakukan Sampling Layanan/Produk
Masih ragu? Wajar kok apalagi kamu memang belum merasakan seperti apa pekerjaan dari agensi yang kamu pakai.
Biar makin yakin, coba pilih satu atau dua agensi yang sesuai preferensi. Lalu gunakan layanan produk yang paling sederhaan untuk sampling.
Misal kamu ingin menggunakan layanan desain grafis atau pembuatan logo. Dari sana akan terlihat bagaimana sistem kerja yang dimilikinya.
Jika memang OK, bisa berlanjut ke proyek branding yang jauh lebih besar.
5. Kreatif Itu Wajib
Apa pun agensi branding yang nantinya akan kamu pakai, pastikan semuanya kreatif dan selalu memiliki pemilikiran yang out of the box.
Mengapa? Karena zaman sekarang itu sangat penting untuk terlihat unik. Punya unique selling point akan memudahkan bisnis punya tempat tersendiri di mata konsumen.
Kreativitas bisa dilihat dari apa saja yang mereka lakukan dan ide yang ditawarkan. Jadi, selalu pertimbangkan hal ini dengan baik.
Memilih agensi branding memang cukup pelik, kadang bikin pusing sendiri. Apalagi kamu akan memulai bisnis dari nol. Misal dari ide kadar dan butuh dipetakan agar menjadi entitas yang sempurna.
Namun, dengan melakukan berbagai hal di atas, kemungkinan besar semua bakalan berjalan lancar. Bahkan jika kamu bingung mau buka bisnis apa bakal disarankan, kok.
Reka Reka Branding siap banget jadi teman kamu ngobrol loh. Udah ada ide atau belum, yuk ngopi dulu!

 

Kapan Harus Menggunakan Agency untuk Mengelola Social Media Brand?
Kapan Harus Menggunakan Agency untuk Mengelola Social Media Brand?
Kapan Harus Menggunakan Agency untuk Mengelola Social Media Brand? August 6, 2024 Foto...
Read More
7 Manfaat Punya Tim Produksi Konten
7 Manfaat Punya Tim Produksi Konten
7 Manfaat Punya Tim Produksi Konten August 6, 2024 Foto Produk reka2branding.co.id Dalam...
Read More
Seberapa Penting Membuat Company Profile untuk Bisnis Baru?
Seberapa Penting Membuat Company Profile untuk Bisnis Baru?
Seberapa Penting Membuat Company Profile untuk Bisnis Baru? August 6, 2024 Foto...
Read More
Branding Produk Berupa Jasa: Apa yang Harus Disiapkan?
Branding Produk Berupa Jasa: Apa yang Harus Disiapkan?
Branding Produk Jasa: Apa yang Harus Disiapkan? August 6, 2024 Foto...
Read More
Branding Produk Maklon: Apa yang Harus Disiapkan?
Branding Produk Maklon: Apa yang Harus Disiapkan?
Branding Produk Maklon: Apa yang Harus Disiapkan? August 6, 2024 Foto...
Read More
Brand Voice: Membangun Identitas Merek yang Kuat
Brand Voice: Membangun Identitas Merek yang Kuat
Brand Voice: Membangun Identitas Merek yang Kuat July 29, 2024 Foto...
Read More
Memahami Celah Pemasaran (Market Gap): Peluang Emas yang Tersembunyi
Memahami Celah Pemasaran (Market Gap): Peluang Emas yang Tersembunyi
Memahami Celah Pemasaran (Market Gap): Peluang Emas yang Tersembunyi June 18, 2024 Foto...
Read More
Mengoptimalkan Potensi Bisnis dengan Jasa Social Media Management
Mengoptimalkan Potensi Bisnis dengan Jasa Social Media Management
Mengoptimalkan Potensi Bisnis dengan Jasa Social Media Management June 18, 2024 Foto...
Read More
Pentingnya Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis
Pentingnya Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis
Pentingnya Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis June 18, 2024 Foto...
Read More
Jasa Foto Produk Surabaya, Investasi Terbaik untuk Brand Kamu
Jasa Foto Produk Surabaya, Investasi Terbaik untuk Brand Kamu
Jasa Foto Produk Surabaya, Investasi Terbaik untuk Brand Kamu May 24, 2024 Foto...
Read More

satu Respon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *